Peta Penyebaran Ahmadiyah Lahore Di Dunia

Oleh: Prof. Ir. Faturakhman Ahmadi Djojosugito, M.Sc
(Ketua Umum PB Gerakan Ahmadiyah Indonesia)  

Untuk menulis topik seperti di atas, kami banyak menemui kesulitan karena tidak adanya data kuantitatif yang dapat disajikan secara sempurna. Pembahasan ini lebih bersifat kualitatif, dan berangkat dari data yang secara cepat diperoleh penulis melalui kontak pribadi dan internet.Isi tulisan ini dapat dibagi atas: (1) Cabang Gerakan Ahmadiyah Lahore di dunia, (2) Peran Ahmadiyah Lahore dalam Penyiaran Islam di dunia, (3) Publikasi dan Penerjemahan yang dilakukan oleh Jemaah Ahmadiyah Lahore di USA, (4) Zaman Khwaja-Kamal-ud-Din, (5) Laporan Presiden Persatuan Organisasi Muslim Ahmadiyah Lahore (ULAMON) kepada Hazrat Amir, (6) Jumlah Anggota Ahmadiyah Qadian, (7) Prediksi Potensi Ahmadiyah Lahore secara Internasional.

Cabang Gerakan Ahmadiyah Lahore di Dunia

Berdasarkan data yang dapat dikumpulkan, maka seluruh dunia terdapat cabang-cabang sebagai berikut:

1.   USA

2.   Kanada

3.   Guyana

4.   Trinidad

5.   Suriname

6.   Fiji

7.   Australia

8.   India

9.   Afrika Selatan

10. Inggris

11. Belanda

12. Pakistan

13. Kashmir

14. Jerman

15. Indonesia ?

Indonesia diberi tanda “?” karena secara struktural atau pun formal, Indonesia bukan merupakan Cabang dari Sentral Anjuman di Lahore Pakistan. Ini terjadi karena riwayat atau sejarah saja. Pada waktu itu, Bapak Djojosugito mengajukan permintaan untuk didirikan cabang di Indonesia, tetapi Mirza Wali Ahmad Baigh tidak bersedia melantiknya, karena beliau tidak ditugasi untuk mendirikan cabang di Indonesia. Akibatnya Bapak Djojosugito mendirikan sendiri Gerakan Ahmadiyah Lahore di Indonesia. Status yang bukan cabang dari Sentral Anjuman tersebut pernah menguntungkan, karena pada zaman Orde Baru, organisasi di Indonesia tidak boleh berafiliasi dengan organisasi yang berada di luar negeri. Namun, mungkin sekarang perlu dipelajari lagi kemungkinan menjadi cabang dari Sentral Anjuman Lahore.

Peran Ahmadiyah Lahore dalam Penyiaran Islam di Dunia

Pertama-tama harus diketahui bahwa penyiaran Islam di dunia yang dilakukan Ahmadiyah Lahore sekarang ini,  terutama melalui bidang publikasi  (media cetak) dan media elektronis (internet). Tatap muka atau dakwah dengan cara khotbah sangat sedikit. Hal ini biasanya dimulai dari kontak internet, kemudian dilangsungkan dengan kontak langsung. Dari dahulu sampai sekarang, telah terbukti peranan media cetak sangat penting. Zaman permulaan Ahmadiyah, majalah The Review of Religion sangat berhasil dalam menyiarkan Islam di Barat. Namun kita pun tidak menyangkal bahwa peran kepandaian siapa yang menulis sangat penting. Misalnya pada zaman masjid Woking, Khawaja Kamal-ud-Din sangat mampu baik dalam menulis maupun melakukan khotbah. Melalui kedua kegiatan tersebut, beliau telah banyak memasukkan orang Barat ke dalam Islam.

Sekarang pun kemajuan yang sama diperoleh Dr. Noman Malik di Amerika yang diminta oleh kelompok Nasrani untuk memberi ceramah dan diskusi. Kalau tidak salah, kegiatan ini dilakukan secara periodik. Berikut ini beberapa publikasi yang telah dilakukan mereka.

Publikasi dan Penerjemahan Yang Dilakukan oleh Jamaah Ahmadiyah Lahore di USA

Ini merupakan laporan yang diberikan Ibu Samina melalui e-mail ke saya sewaktu menghadiri Pengajian Tahunan di Amerika bulan Juli – Agustus 2005 yang lalu.

Penerbitan Qur’an Suci dan lainnya

Telah dilakukan dalam berbagai bahasa, yakni Inggris, Rusia, Belanda, Prancis, Spanyol, dan Urdu. Dalam bahasa Inggris sudah dicetak sejak tahun 1987 sebanyak 250.000 buku. Sebagian besar dibeli oleh Muslim kulit hitam di Amerika di bawah pimpinan Farakhan. Salah satu pimpinan mereka pada waktu mencari Qur’an Suci yang mana harus dibeli, setelah membaca Qur’an Maulana Muhammad Ali lalu mengatakan “Inilah buku yang harus kita beli”

Di luar bahasa Inggris pun telah dilakukan, misalnya dalam bahasa Rusia telah dicetak 52.000 buku serta didistribusikan secara percuma di Rusia. Dalam bahasa Belanda melalui kerja sama dengan Ahmadiyah Lahore negeri Belanda telah dicetak paling sedikit 5.000 buku. Dalam bahasa Prancis, Spanyol pun sudah dicetak, dan untuk bahasa Urdu melalui Sentral Anjuman telah dicetak 10.000 buku.

Penerbitan buku-buku tulisan Maulana Muhammad Ali dalam bahasa Inggris terus disebarkan seperti:

– Religion of Islam

– Manual of Hadith

– Muhammad the Prophet

– Living Thoughts of the Prophet  

   Muhammad

– Introduction to the Study of the Holy

   Quran

– Muhammad and Christ

– History of the Prophets

– Ahmadiyya Movement

– Antichrist Gog and Magog

– Islam the Religion of Humanity

– Prophet of  Islam

– The Early Caliphate

– Muslim Prayer Book

– New World Order

Selain itu, buku-buku dalam bahasa Inggris yang ditulis oleh penulis-penulis lainnya di luar Maulana Muhammad Ali pun diterbitkan, seperti:

– Jesus in Heaven on Earth

– Introduction of Islam

– Muhammad in World Scriptures

– Annecdotes of the life of  Holy

  Prophet Muhammad

– Light of the Holy Quran

– The Ideal Prophet

– Ahmadiyyat the Citadel of Islam

– Islam and Christainity

– Christ is come

– Crumbling of the Cross

– Debt Forgotton

– Table Talk

– Ahmadiyyat vs Qadianiyat

– Ahmadiyyat in the Service of  Islam

– Founder of the Ahmadiyya Movement

Buku-buku karya Hazrat Mirza Ghulam Ahmad  (HMGA) pun telah diterjemahkan dan sebagian telah dicetak, seperti:

– Testimony of the Holy Quran

– The Teaching of Islam

– Four Questions Answered

– Message of Peace

– Need of the Islam

Buku-buku yang diterjemahkan dan dicetak dalam berbagai bahasa pun dilaksanakan oleh Jemaah Ahmadiyah Lahore USA, seperti :

Bahasa Jerman

– Religion of Islam

– Manual of Hadith

– Living Thoughts of the Prophet Muhammad

– The Teaching of Islam

– Islam the Religion of Humanity

– The Prophet of Islam

– Founder of the Ahmadiyya Movement

Bahasa Prancis

– Islam the Religion of Humanity

– The Prophet of  Islam

– The Holy Quran

Bahasa Italia

– History of the Prophets

– The Early Caliphate

– The Teaching of Islam

– Islam the Religion of Humanity

– The Prophet of Islam

– Introduction to Islam

Bahasa Belanda

– The Holy Quran

Bahasa Rusia

– The Holy Quran

– Living Thoughts of Prophet Muhammad

– The Prophet of Islam

– The Teaching of Islam

Bahasa Spanyol

– The Holy Quran

Bahasa Arab

– Living Thoughts of Prophet Muhammad

– Muhammad Prophet

– Ahmadiyya Movement

– Teaching of Islam

– Introduction to Holy Quran

– Jihad in Islam

Masih banyak lagi buku-buku lainnya yang sedang diterjemahkan ke dalam berbagai  bahasa lainnya. Saat ini sudah dicetak 10.000 buku yang berjudul Jihad dalam Islam di dalam bahasa Inggris, dan telah didistribusikan ke semua media, anggota Kongres, pejabat pemerintahan, serta wartawan surat kabar. Toko-toko buku seperti Borders Books, Barnes and Noble, Baker and Taylor, dan semua distributor besar serta toko buku lainnya di Amerika telah menjual buku kita.

Jemaah USA telah menempatkan iklan buku The Religion of  Islam di majalah New York Times dengan fotonya. Mereka membayar USD 14.000 (empat belas ribu dolar US) untuk sekali muat. Iklan ini akan muncul pada tanggal 4 Desember 2005 dalam Religious Section, sebagai terbitan khusus. Jumlah pelanggan New York Time ini berjumlah 5 juta. Dalam iklan tersebut disebutkan bahwa tersedia pula buku tersebut dalam bahasa Indonesia, Belanda, dan Jerman.

Menurut Ibu Samina, sekarang ini di Amerika banyak orang bergabung dengan gerakan kita. Ada mantan pendeta, orang Amerika yang berasal dari Irlandia. Beliau mempunyai banyak ilmu tentang agama-agama lainnya. Sekarang, beliau dijadikan juru bicara Jemaah Ahmadiyah Lahore di USA. Begitu pula, Dr. Noman Malik sering diminta untuk berceramah pada komunitas Nasrani di Amerika.  Selanjutnya, ibu Samina meminta kita untuk mendoakan pekerjaan mereka, dan beliau pun mendoakan semoga Allah SWT memberikan berkah kepada pengajian tahunan kita ini, dan mengirim salam kepada kita semua.

Zaman Khwaja Kamal-ud-Din: Orang yang Pertama Masuk Islam adalah Seorang Ibu bernama Violet Ebrahim.

Beliau berasal dari Scotlandia. Ini berkat majalah Review of  Religion, dan kemampuan Khawaja Kamal-ud-Din dalam berbicara dan menguraikan keindahan Islam di Masjid Woking, Inggris. Pada waktu masuk Islam, Violet Ebrahim mengenakan kain satin putih, dan ini mengingatkan Khawaja Kamal-ud-Din tentang impian HMGA yang menangkap burung berwarna putih. Masuknya ibu Violet Ebrahim ini dilaporkan kepada Maulana Nuruddin, dan beliau menyatakan bahwa ini pertanda yang sangat baik serta memberikan selamat dan menambahkan bahwa yang pertama kali masuk Islam pada zaman Rasulullah ada seorang ibu (Siti Khodijah).

Ada tulisan Violet Ebrahim yang dimuat di The Review Religion terbitan Desember 1913 yang sebagian cuplikannya sebagai berikut:

Satu Lagi Pemeluk Baru dan Suatu Himbauan Yang Mulia.

Satu tanda dari Zaman Akhir yang kita lihat sehubungan turunnya Masih Yang Dijanjikan adalah terbitnya matahari dari Barat. Matahari adalah matahari Islam dan kami gembira mengatakan bahwa fajar telah mulai muncul di cakrawala Barat. Telah mulai kebangkitan Islam di Barat. Kegelapan yang kaum Kristen telah salah menggambarkan (Islam) dan telah menyebar di Barat, kini telah mulai menghilang dan orang mulai makin lebih hidup kepada kebenaran Islam.  Kekristenan sedang menyusut, dan sedang mempersiapkan jalan untuk penyebaran keimanan Muslim. Tanda-tandanya sangat menjanjikan. Pembaca kita pun telah mengetahui tentang masuknya Lord Headley ke dalam Islam.  Sesungguhnya, terdapat banyak lagi , baik bapak-bapak maupun ibu-ibu, yang secara pribadi memberitahukan kepada Misi kita, Khawaja Kamal-ud-Din, tentang penerimaan mereka kepada Islam. Dan diharapkan seperti halnya Lord Headley, mereka pun akan segera mengumumkan secara terbuka kepindahan agama mereka.

Terdapat surat dari Violet Ebrahim ke salah seorang ibu yang sebagian cuplikannya sebagai berikut:

… Khawaja Kamal-ud-Din telah mempelajari Kekristenan sehingga beliau dapat memberikan perbandingan tentang subjek tertentu antara Bible dan Al Qur’an. Mata saya mulai terbuka cenderung ke Islam, dan secara sedikit demi sedikit saya pun menyadari bahwa hati saya adalah Muslim.

… Saya menyatakan secara terbuka bahwa saya adalah Muslim. The Islamic Review telah melaksanakan kegaiban. Itu merupakan buku teks saya. Khawaja Kamalu-ud-Din mempunyai bakat yang besar untuk menulis, dan itu pasti pemberian dari Tuhan. Saya tidak pernah dapat berterima kasih kepadanya yang cukup atas perubahan yang telah beliau  buat dalam diri saya. Kami menganggap beliau sebagai anggota keluarga kami, dan kapan saja beliau datang di London dari Woking, beliau pun tinggal dengan kami.

Beliau telah membuat kemenangan lain yang akan mempunyai konsekuensi yang jauh untuk kepentingan Islam. Lord Headley, asal Irlandia, masuk Islam dan berperan serta menu lis artikel dalam Islamic Review. Khawaja Kamal-ud-Din memulai menerbitkan Islamic Review dari kantongnya sendiri. Ketika beliau datang di London dengan membawa uang kira-kira 9.000 rupee, maka digunakan beliau semuanya untuk menerbitkan the Islamic Review dan pendistribusiannya. Tetapi sekarang beliau tidak punya uang, dan kwatir bagaimana meneruskan tugasnya ini. Sekarang ini, beliau hanya mampu mengedarkan 1.000 eksemplar ke dunia Barat, sedangkan seharusnya perlu ratusan ribu eksemplar. … Selanjutnya Violet Ebrahim menghimbau kaum muslim India untuk membantu Khawaja Kamal-ud-Din dalam soal dana. … Pekerjaan ini harus berkembang sampai besaran raksasa, dan harus menyebar ke seluruh dunia. Saya akan senang mendengar dari Anda dan saya akan terus menyurati Anda. Dengan kecintaan yang tulus,

Temanmu yang tulus,

Violet Ebrahim.

Surat Violet Ebrahim ini memuat kalimat “Khawaja Kamal-ud-Din mempunyai bakat yang besar untuk menulis, dan itu pasti pemberian dari Tuhan.”.  Ini sesuai dengan wahyu yang diterima HMGA beberapa tahun sebelumnya. HMGA telah memberitahukan kepadanya, bahwa setelah berdoa (salat) untuk beliau, maka HMGA menerima wahyu mengenai beliau : Husn-I Bayan. Ini berarti ‘pandai (fasih) berbicara dalam mengungkapkan‘, dan ini menunjukkan bahwa Tuhan memberi berkah dalam kepandaian berpidato dan pengucapan. Inilah yang dinyatakan oleh ibu Violet Ebrahim melalui pengamatannya.

Orang Barat lainnya yang masuk Islam cukup banyak. Catatan ini diambil dari buku Islam our Choice, cetakan kedua Mei 1963, The Woking Muslim Mission and Literary Trust, England. Nama-nama yang disebutkan antara lain:

1.   Lord Headley ‘Al-Farooq (Inggris)

2.   Dr. Hamid Marcus (Jerman)

3.   William Burchell Bashyr Pickard

4.   Thomas Irving (Canada)

5.   Mavis B, Jolly (Inggris)

6.   Dr. Umar Rolf Baron Ehrenfels (Austria)

7.   Mrs. Amina Moseler (Jerman)

8.   Ismail Wieslaw Jezierski (Polandia)

9.   Hussain Rofe (Inggris)

10. H.F. Fellowes (Inggris)

11. S.A. Board (USA)

12. T.H. McBarkie (Irlandia)

13. Dan lain sebagainya

Menurut buku tersebut kalau dihitung ada 87 orang Barat yang berasal dari berbagai bangsa (Inggris, Jerman, Austria, Inggris, Australia, Belanda, Polandia, Prancis, Gambia, Sri Langka, Skotlandia, Honggaria, Cekoslowakia, Swedia, Indo Inggris-Jepang) beserta fotonya. Dalam buku tersebut dijelaskan pula alasan-alasan mereka mengapa masuk Islam. Perlu diketahui,  buku ‘Islam our Choice‘ tersebut ada penerbit yang membajaknya (mencetak tanpa izin Ahmadiyah) dengan menghilangkan segala informasi yang menunjukkan bahwa mereka masuk Islam itu karena berhubungan dengan Ahmadiyah.

Laporan Khwaja Kamal-ud-Din kepada Maulana Nurudin tentang Kongres Agama di Paris, Juli 1913

Sebagian cuplikan dari laporan tersebut sebagai berikut:

Yang membuat saya senang bukanlah karena saya memaparkan Islam dihadapan kumpulan besar dari para intelektual agama dari Barat dan membuat kesan yang baik kepada pengunjung, tetapi karena mata saya telah terbuka dengan datang ke sini (Paris), Tuhan telah membuka cara yang sangat bagus dan menciptakan sarana yang seluruhnya baru. Saat matahari terbit dari Barat telah dekat. … Ini bukan kongres agama yang biasa, seperti yang saya yakini, tetapi sebuah kongres dari sekte Kristen Liberal.

Orang-orang ini membebaskan diri dari ikatan Gereja dan tidak puas dengan bentuk umum agama Kristen. Selama kongres terdapat diskusi, apakah Kekristenan berarti agama yang diajarkan oleh Paulus dan Gereja atau sesuatu yang lain. Para intelektual ini yakin bahwa agama masa depan adalah suatu agama yang sangat dipengaruhi oleh perbuatan manusia dan moral, menciptakan kehidupan spiritual yang sesungguhnya. Mereka tampaknya tidak menerima ketuhanan Yesus dan doktrin penebusan dosa. Sebagian besar dari mereka adalah unitarian (tidak mempercayai trinitas, tetapi pada Tuhan yang satu). Seperti apa harusnya dasar moral dibangun, maka mereka berkata seperti apa yang dipaparkan HMGA di konferensi besar agama-agama di Lahore tahun 1896. Ketidaksetujuan mereka dengan Paulus dikemukakan secara halus dan ajaran moral dari Yesus dianggap tidak cukup, sehingga dipikirkan perlunya tambahan. Yesus dianggap utusan-Nya, dan pimpinannya mengajarkan prinsip-prinsip sesuai dengan kebutuhan waktu itu dan meletakkan dasar-dasar suatu agama tentang moral dan tentunya memerlukan penyempurnaan. Bila terdapat bentuk dan dasar-dasar moral yang baru ditemukan di manapun  atau diciptakan, maka mereka dapat dipakai.

Alhamdulillah, betapa saat telah datang atas Kekristenan, walaupun itu tidak dinyatakan secara pasti, tetapi diakui bahwa ada kebenaran yang dapat diperoleh di agama yang lain. Semua agama lainnya harus dipelajari dengan tidak memihak dan prinsip-prinsip yang bagus dari mereka dapat diambil.  Itu dijelaskan bahwa mereka mendapat izin dari Yesus untuk berbuat demikian. Rujukannya adalah Johanes 16:3, yang menyatakan: “…. bila dia, Ruh kebenaran datang, ia akan membimbing ke semua kebenaran.” Oleh karena itu, kongres menganggap perlu bahwa kritik kepada agama lain harus dihilangkan dan mereka dibiarkan, sehingga berkembang dan tumbuh dengan baik. Bila ada keuntungan di mereka, maka ini harus diambil. Dalam konteks ini, kegiatan misionaris tidak disetujui … Itu pun tidak dinyatakan dengan kata-kata yang jelas, tetapi secara tidak langsung menyatakan bahwa agama yang lain juga dari Tuhan. Adalah tugas saya (Khawaja Kamal-ud-Din) untuk mengatakan pada waktu mendiskusikan ayat: “Dan bagi setiap umat adalah seorang utusan” (10:47) “Dan tiada suatu umat melainkan telah berlalu di kalangan mereka”  (35:24) Mata hadirin terbuka dan terjadi gemuruh di ruangan dengan nada menyetujui. Tuan (Maulana Nuruddin), bahwa kenyamanan yang dinyatakan pada ide bahwa semua agama dari Tuhan, mohon dipertimbangkan seberapa jauhkah orang-orang tersebut melangkah? Bila semua bangsa-bangsa Kristen menerima keyakinan ini, maka gerakan misionaris akan selesai sekarang ini.

Suatu pidato yang membantu Islam dilakukan oleh seorang profesor Yahudi dari Universitas Geneva, yang menjawab beberapa keberatan yang umumnya ditujukan kepada Islam. Dia menekankan bahwa agama yang dibuat oleh pihak Gereja sekarang ini telah menyebarkan keserakahan, keirihatian, pembunuhan, dan penindasan yang menyebabkan peperangan di dunia dan merusak kehidupan spritual yang sesungguhnya.

Yang sangat menarik justru orang-orang itu semua adalah para pendeta dan profesor dari berbagai Universitas yang telah menggunakan seluruh waktu hidupnya dalam penelitian agama. Beberapa dari mereka pada mulanya dipindahkan dari kedudukan dan tempat kerjanya. Merupakan kepuasan tersendiri untuk dicatat, bahwa tiga perempat dari mereka termasuk kelompok angkatan tua.

Saya telah mengatakan bahwa mereka sering menggunakan kata-kata yang tidak langsung. Alasannya, mereka itu dipekerjakan oleh Gereja dan bila menyatakan secara langsung akan beresiko dipecat dari pekerjaan mereka. Dua ceramah sebelum saya, seorang profesor dari Oxford, berkata dalam ceramahnya bahwa agama-agama lain pun berisi kebenaran seperti agama Kristen, dan agama lain tidak salah. Namun, mereka mengutarakannya dengan kata-kata yang bersayap untuk melindungi dirinya.

Setelah itu, saya dan beberapa orang lain menghadiri suatu undangan makan malam oleh seorang wanita aristokrat. Dia mengatakan bahwa sangat senang dengan pidato saya. Dia menerima Islamic Review, dan berkata bahwa dia menyukai pikiran-pikiran dari seorang Sufi yang telah saya tulis dalam edisi Juli. Sesungguhnya pikiran Sufi tersebut diambil dari tulisan Hazrat Ali, dan saya menyatakan bahwa penulisnya adalah seorang Sufi. Kata Sufi sekarang ini sangat populer.

Untuk merangkum intisari  dari Kongres ini, maka agama yang diperlukan masa depan adalah yang mempunyai dampak pada kehidupan praktis manusia, dan dapat dijadikan dasar keimanan yang menyeluruh. Prinsip dan fondasi moral harus terlihat pada agama masa depan. Penelitian agama harus dilakukan dalam spirit persahabatan dan cinta. Seorang yang terhormat dari para intelektual, dan mantan presiden organisasi mereka, mengatakan agama masa depan dunia adalah:

CINTA PADA TUHAN DAN MAKHLUKNYA.

Saya mengatakan dalam ceramah saya, bahwa itu tidak benar dan kurang sopan. Agama masa depan akan sebagai berikut :

TAAT (PATUH, SETIA) PADA TUHAN DAN KASIH SAYANG KEPADA MAKHLUKNYA

Saya berkata, bahwa itu adalah definisi Islam yang telah diberikan oleh Nabi Suci Muhammad. Saya berkata kepada mereka,  bahwa agama masa depan di dunia yang telah kalian tentukan untuk kalian sendiri, adalah sejalan dengan definisi yang telah diberikan oleh Nabi Suci. Apakah agama yang dikenal sebagai Islam adalah agama yang seperti itu atau tidak, adalah suatu masalah yang harus diuji.

Gerakan ini dimulai enam tahun lalu, dan tidak benar mengatakan bahwa semua negara Kristen mendukung ini. Kenyataannya, justru mereka akan menentang. Akan tetapi gerakan ini adalah gerakan di tangan kuat para pemimpin, intelektual agamawan tingkat atas dari bangsa-bangsa Eropa. Bila spirit ini menjadi benih, tumbuh dan berkembang, maka hari-hari tersebarnya Islam akan dekat.

Mereka itu tidak puas dengan agama yang sekarang mereka anut, dan sedang mencari keimanan yang baru. Oleh karena itu, waktu ini adalah saat yang tepat untuk menyajikan Islam. Anda akan terkejut mendengar bahwa semua prinsip dan kriteria yang telah mereka tentukan untuk agama masa depan, tanpa kami menambah atau mengurangi kepadanya, tak lain dan tak bukan melainkan ayat-ayat Al Qur’an dan sabda dari Nabi Suci Muhammad, dan saya menanyakan: Apakah ini memenuhi keperluan Anda atau tidak ?

… Mereka gembira menerima Islamic Review yang saya berikan … Sekarang gerakan ini didukung oleh 120 perkumpulan dan 100 pendeta dan akademisi yang berpendidikan tinggi … Berkat rahmat Tuhan saya dapat mengadakan pembicaraan dengan sebagian besar para profesor. Pengetahuan agama mereka dapat diukur dari ekspresi wajah mereka ketika duduk dengan saya berjam-jam dengan gembira mendengarkan butir-butir yang baik dari kebenaran spiritual. Selamat, oh Mirza Ghulam Ahmad, ini adalah mukjizatmu.

Setelah datang ke kongres ini, saya menyadari bagaimana Islam seharusnya disajikan dalam masa mendatang, dan prinsip-prinsip manakah yang sebaiknya diingat dan didakwahkan kepada mereka. Betapa benarnya firman Tuhan yang mengatakan: “Berdakwahlah ke jalan Tuhan dikau dengan kebijaksanaan … ” (16:25)

Tuan (Maulana Nurudin), saya (Khawaja Kamal-ud-Din) akan mengirim usulan yang terinci, setelah mencetaknya.

KAMAL-UD-DIN

Itu tadi dimuat di koran/majalah Badr, tanggal 21 Agustus 1913, hal. 3-4

Penilaian Khwaja Kamal-ud-Din terhadap Prospek Penyiaran Islam di Barat, 1913

Eropa pada dasarnya diatur oleh ideologi dan prinsip-prinsip. Kita tidak akan bisa mengalahkan Eropa dengan pedang maupun meriam, tetapi bila kita dapat menunjukkan kepada mereka bahwa prinsip-prinsip yang mereka ikuti, ada terdapat bentuk yang lebih baik di dalam Quran, maka tidak ada alasan mengapa mereka tidak menerima supremasi Quran. Bacalah tulisan dari sembarang filosof Eropa dan kalian akan melihat bahwa kekecewaan mereka atas budaya dan peradaban Eropa, dan mereka mengusulkan budaya baru yang sangat dekat dengan Qur’an Suci. Alasan mengapa mereka tidak menuju Qur’an Suci adalah para pengikutnya (kaum Muslimin) kehilangan semua kualitas, dan ini menurut saya dapat dicapai kita dengan cara mengikuti Qur’an Suci. Suatu pohon dapat dikenal dari buahnya. Dunia non muslim secara keliru menganggap kita ini sebagai buah dari Qur’an Suci, padahal Qur’an tidak bertanggung jawab atas perbuatan dan aktivitas kita.

Khawaja Kamal-u-Din

c/o National Bank of India

26 Bishop’s Gate, London, England

16 Januari 1913

Laporan dari Presiden Persatuan Organisasi Muslim Ahmadiyah Lahore (ULAMON) kepada Hazrat Amir

Ini disajikan agar kita dapat mengikuti perkembangan baru di Belanda. Mereka baru saja meluncurkan buku The Religion of Islam (Islamologi) dalam bahasa Belanda dengan sangat sukses. Di sini dilaporkan laporan dari Presiden (Ketua) AAII(L) Nederland, Hikmat Mahawat Khan kepada Hazrat Amir sebagai berikut:

Hazrat Amir Yth.

Assalamu’alaikum

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada ULAMON (Persatuan dari Organisasi Muslim Ahmadiyah Lahore di Belanda) atas izin yang diberikan kepada kami untuk menerbitkan The Religion of Islam dalam bahasa Belanda versi baru. Pada hari Sabtu tanggal 5 November 2005 kami telah meluncurkan dan presentasi buku tersebut dalam peristiwa yang bersamaan, yaitu seminar tahunan dari AAIILN dan upacara tahunan dari ULAMON pada saat Idul Fitri.

Peristiwa ini merupakan sukses besar. Inspirasi yang besar dan tanggapan dari komunitas Ahmadiyah dan juga komunitas non Ahmadiyah serta komunitas muslim. Kami telah menyerahkan buku tersebut ke Sentral Anjuman melalui perwakilan Sentral Eropa di Belanda, yakni bapak Santoe. Beliau sangat terkesan dengan buku tersebut, dan berkata dalam pidatonya bahwa ia atas nama Hazrat Amir mengucapkan selamat kepada kami atas keberhasilan ini.

Kami menyerahkan ke semua Parlemen Belanda melalui salah satu anggota senior yang bahkan berperan serta dalam debat seminar tahunan. Beliau adalah anggota komisi Integrasi dan sebelumnya adalah menteri dan ketua salah satu institut yang sangat bergengsi di Belanda dalam kaitan sebagai penasihat kepada pemerintah dalam hal kebijakan sosial dan ekonomi.

Beliau sangat positif tentang cara kami menyelenggarakan seminar dan pengajaran. Bahkan beliau memberikan komentar di situsnya pada hari yang sama, dan mengatakan: “Saya sangat terkesan dengan cara orang-orang ini dalam menyajikan Islam. Secara jujur, saya berharap bahwa akan lebih banyak orang dan terutama media, membuat perbedaan dalam tipe Muslim dan interpretasi tentang Islam”. (Maksudnya agar orang dan media dapat mengerti adanya tafsir yang berbeda meskipun sama-sama Qur’an – pen.).

Beliau bahkan mengirim email pribadi kepada saya yang menyatakan bagai mana ia sangat menghargai apa yang kami kerjakan dan cara saya menangani pekerjaan. Beliau sekarang menjadi perwakilan dari gerakan kita.

Sementara itu, setiap anggota parlemen telah mempunyai buku tersebut dan sekarang banyak email mengalir masuk.

Kami telah menyerahkan buku tersebut ke universitas melalui salah satu intelektual Islam yang sangat terkenal di dunia universitas Belanda.  Beliau sangat positif terhadap buku ini, karena beliau sudah mengetahui buku tersebut dan beliau menganjurkan kepada semua mahasiswanya untuk memakai buku ini. Beliau sangat gembira karena buku tersebut yang tadinya tidak tersedia bertahun-tahun, sekarang telah ada dan beliau pun menganjurkan kami untuk maju terus seperti ini. Kami (ULAMON) sekarang ini mempunyai hubungan yang sangat baik dengan universitas yang besar-besar karena kami telah diakui sebagai badan yang formal.

Kami menyerahkan buku ke semua muslim, perwakilan dari Suni, Syiah, dan komunitas (Alewiet?) menerima satu buku. Karena ULAMON bekerja dalam badan yang unik disebut Contact Group Islam (CGI) yang semua aliran berada dalam persaudaraan bersama. Kami dari ULAMON menyetujui untuk membagi buku tersebut kepada masjid mereka. Beberapa kotak berisi buku-buku telah dikirimkan ke berbagai masjid mereka. Ini memberikan kepada kami kemampuan tambahan untuk berdakwah, karena mereka sekarang terbuka bagi literatur kita.

Kami telah memberikan buku tersebut ke komunitas non muslim melalui perwakilan dari komunitas non Muslim (Gereja dan pribadi-pribadi).

Itu merupakan peluncuran yang sangat sukses. Buku tersebut mempunyai kualitas tinggi dan siapa pun yang ikut mengerjakan buku tersebut memperoleh sebuah buku secara percuma. Harga buku adalah 10 Euro dan di luar margin keuntungan kami akan transfer, sesuai petunjuk dan aturan dari gerakan, 20 % ke Sentral Anjuman. Pada hari Sabtu 5 November 2005, kami telah menjual kira-kira 400 buku dalam suatu sore. Pemesanan mengalir masuk.

Pada hari ini kami kedatangan kunjungan tamu khusus dari Amerika dan Kedutaan Besar Amerika. Mr. Mansuri sedang dalam kunjungan di Belanda dan sangat bergairah tentang program kami.

Beliau mempunyai kedudukan terkemuka di antara Muslim Amerika dan memberi nasihat kepada pemerintah Amerika. Mr. Mansuri membentuk institut dalam Pendidikan Islam yang akan bertindak sebagai kendaraan untuk berkontribusi dalam pendidikan di Amerika dan secara nyata menunjukkan bahwa Muslim, seperti yang lainnya, mempunyai tempat dalam daftar institut Amerika.

Tanggung jawabnya termasuk menjalankan penelitian dan analisis yang terkait dengan kebijakan publik, pendidikan, media, politik, agama, dan wacana tentang ke-pluralisme-an Amerika; berfungsi sebagai sebuah organisasi penghubung ke pasangan institut, staf pendidikan, penerbit text book, dan sebagainya; sebagai anggota penasihat yang melayani berbagai badan akademis dan pendidikan publik; mewakili CIE pada pertemuan dan peristiwa-peristiwa besar; mengadakan lokakarya pelatihan guru dan paparan-paparan yang lainnya; menjadi tuan rumah bagi para tamu internasional yang diundang oleh Departemen Luar Negeri Amerika.

Kami telah mengatakan kepadanya, kami punya institut yang bernama NIBIS dan kami punya organisasi cabang di Amerika, salah satunya ada di Washington DC yang akan menghubungi beliau.

Saya juga menyerahkan Qur’an Suci berbahasa Belanda, tetapi karena beliau tidak dapat berbahasa Belanda, maka saat ini belum bermanfaat. Saya berikan yang berbahasa Inggris. Beliau sangat terkesan tentang gerakan kami dan kami mau literatur kami nantinya digunakan pada institut beliau.

Buku Islamologi bahasa Belanda dipersiapkan dengan kerja sama cabang organisasi di Suriname (SIV). Sekitar 500 buku sedang dalam transport ke Suriname. Mereka punya acara pada hari Sabtu tanggal 12 dan Insya Allah buku-buku tersebut akan sudah tiba pada waktunya.

Seminar kami juga sukses, sebagai mana setiap tahunnya.  Sekarang kami telah dimungkinkan mencapai Muslim dan non Muslim seluruh Belanda. Kami telah mendapat perhatian dari media dan pemberitaan. Kesuksesan seminar, karena kami mengizinkan pengkritik untuk ikut dan kami berdebat secara terbuka dengan mereka, dan menunjukkan kepada mereka Islam yang benar. Saya sekarang telah berpengalaman selama 5 tahun dalam mengerjakan ini, dan kami telah mengubah pikiran berbagai orang terkemuka di masyarakat Belanda. Dan kami perhatikan bahwa mereka pada gilirannya pada berbagai kesempatan akan mengatakan pekerjaan yang dilakukan Ahmadiyah Lahore adalah sangat baik (excellent). Kami sekarang telah berhasil membuat jelas perbedaan antara Ahmadiyah Lahore dan Qadian. Mulai sekarang dalam semua media, kalian akan menjumpai secara konsekuen Ahmadiyah Lahore. Saya telah bilang kepada wartawan bahwa mereka dapat membuat kesalahan dalam menyebut nama saya tetapi jangan lupa menyebut Ahmadiyah Lahore secara benar.

Banyak orang berkumpul pada suatu sore saat Idul Fitri. Setiap orang bergembira pada program sosial ini, ada suatu perlombaan kuis antara Jama’at dari ULAMON, dan beruntung bagi kami bahwa Jama’at saya memenangkan kuis ini. Kami juga ada pembagian piala perlombaan olah raga pada upacara tahunan ULAMON.

Dengan peluncuran buku Religion of Islam oleh ULAMON dan seminar AAII(L)N, kami melebarkan lagi jangkauan batas-batas dan kami telah berhasil mencapai tonggak sejarah baru.

Kami berterimakasih kepada Sentral Anjuman pada umumnya, dan kepada Amir kita pada khususnya atas kepercayaan yang diberikan kepada ULAMON dan kami berharap untuk terus memberikan kontribusi kami pada pekerjaan Dakwah dalam persaudaraan dan kerja sama yang sama seperti sediakala.

Wasalam

Hikmat Mahawat Khan

Presiden ULAMON

Presiden AAII(L)N.

JUMLAH ANGGOTA AHMADIYAH QADIAN

Informasi mengenai jumlah anggota Ahmadiyah Qadian  di seluruh dunia sukar diperoleh. Informasi yang diberikan oleh pihak Qadian kurang dapat di percaya kebenarannya.  Hal ini dapat dibaca pada tulisan yang saya ambil dari situs internet.

Misalnya Prof. Munawar Ahmad Malik (Mantan Anggota Qadiani) menulis di Internet tentang kebohongan Jamaat Qadian dalam hal jumlah anggotanya. Jumlah anggota Jamaat Qadian dibesar-besarkan untuk maksud menaikkan moral anggota.

Sampai sekarang, jamaat Ahmadiyat secara resmi belum pernah menyatakan jumlah anggotanya. Angka-angka yang ada hanya merupakan angka-angka “tidak resmi” yang diperkirakan oleh semua Murabbi, Amir, dan orang-orang yang berwenang lainnya untuk meningkatkan moral para pengikut Ahmadiyah. Ahmadiyah mungkin tidak bohong akan hal ini. Menurut keyakinan mereka, bumi dapat berputar dan berpindah, tetapi mereka tidak dapat berbohong, sehingga mereka sangat yakin akan jumlah ini.

Para pengikut Jamaat Ahmadiyah diperkirakan sekitar 4,5 juta orang. Dengan kata lain, jumlah tersebut masih sama dengan jumlah yang diberitakan 25 tahun yang lalu. Tetapi beberapa orang yang tak resmi menyebutkan jumlahnya sekitar 4 – 6 juta orang. Kita ambil angka tengah yaitu 5 juta, kemudian kita dapat menganalisis situasi. Dengan angka ini, proporsi Ahmadiyah di Pakistan menjadi 1 berbanding 26 yang berarti bahwa dalam setiap 26 orang terdapat satu orang Ahmadiyah di Pakistan. Jumlah ini berkisar 4 % dan tidaklah mewakili distrik mana pun dari seluruh Pakistan.

Baiat Seluruh Dunia

Sejak tahun 1993 Jamaat telah menerapkan sistem baru yang dinamai Alamgir Baiat (Baiat Seluruh Dunia). Pada bulan Februari atau Maret 1993, seluruh Jamaat diberi target 200 ribu anggota baru sudah tercapai bulan Juli 1993. Pengumumannya akan dilakukan pada Jalsa Salana bulan Juli 1993 di London, dan hari itu ditetapkan sebagai Baiat Seluruh Dunia. Target 200 ribu baiat baru dibagi-bagi ke seluruh dunia, di mana target Jhelum 50 baiat baru.

Karena ini adalah Tahreek (gerakan) baru, maka seluruh Jamaat pun termotivasi. Sekitar 50 – 72 orang masuk baiat, dan jumlah itu hampir semua sebelumnya telah keluar dari Ahmadiyah, orang tua penganut Ahmadiyah yang anak-anaknya tidak Ahmadiyah. Dengan demikian terisilah 72 orang baiat baru. Pada Jalsa Salana tahun 1993 Mirza Taher mengumumkan bahwa target tercapai, dan 200 ribu baiat baru terpenuhi. Mirza Taher selanjutnya mengumumkan target baru tahun depan dilipatduakan menjadi 400 ribu baiat baru.

Target Jhelum sendiri menjadi 160, tetapi upaya mereka sepanjang tahun hanya mampu memasukkan 5 – 7 orang baru ke dalam baiat. Dengan kata lain, target itu sama sekali tidak tercapai, bahkan 10 % pun tidak. Tetapi pada Jalsa Salana tahun 1994 Mirza Taher mengumumkan bahwa target 400 ribu telah tercapai dan menetapkan tahun mendatang menjadi 800 ribu baiat. Jhelum mengemban target 305 target, tetapi sepanjang tahun hanya 3 atau 4 formulir yang terisi. Hal yang sama terjadi pula di tempat lain, misalnya Rawalpindi, dan Chakal. Namun Mirza Taher dengan bangga menyatakan bahwa target telah tercapai dan tahun 1996 ditetapkan 1,6 juta baiat baru.

Singkatnya, dari tahun ke tahun target pun dilipatduakan, namun tahun 1998 mengadakan koreksi dengan target  5 juta (seharusnya 6,4 juta). Untuk tahun 1999, target pun ditetapkan 10 juta baiat baru. Namun mereka menjadi berhati-hati untuk tidak memunculkan keraguan, dan merekapun mengumumkan 8 atau 9 juta dari target telah tercapai.

Sekarang ini permasalahan mengenai baiat seluruh dunia telah mencapai satu tahap di mana seluruh kecurangan akan segera terungkap, dan ini tak perlu menunggu terlalu lama lagi.

Pada tahun 1999 saya pergi ke Bhawalpur dan menemui Qaid (pimpinan) Ahmadiyah Quddamul (organisasi gerakan muda Ahmadiyah) dan bertanya: “Bagaimana perkembangan baiat di sini?” Jawabnya: “Tahun lalu saja 1200 baiat” (harap diingat bahwa lokasi sentral ibadah mereka tidak dapat mencapai kapasitas lebih dari 200 orang). Saya bertanya lagi:”Dari 1200 baiat ini ada berapa ratus orang yang melakukan ibadah Jum’at?” Dia menjawab:”Tiga atau empat orang” Lalu saya berkata: “Sisanya berarti sia-sia, karena tidak melakukan ibadah Jum’at. Apa yang akan Anda lakukan terhadap mereka ?” Hal ini membuat mereka kwatir dan berkata: “Hal ini benar dari jumlah 1200 orang tidak ada seorangpun yang datang.” Pembicaraan kami terjadi pada bulan April 1997, yang berarti 3 bulan sebelum perkiraan pengumuman pencapaian target di Jalsa Salana.

Jika Anda mempunyai kerabat atau teman di London, dan jikalau Anda bertanya berapa banyak orang Inggris kulit putih yang menjadi penganut Ahmadiyah dalam beberapa tahun terakhir ini, maka Anda akan benar-benar kecewa. Sekarang pikirkanlah sendiri! Kalau lokasi di mana Mirza Taher itu berada dan menjadi markas mereka, ternyata tidak mencapai target, lalu dimanakah adanya 20 juta baiat baru muncul ? Jika Anda membagi jumlah ini menjadi 5 atau 6 negara, maka barulah berita ini menjadi berita besar. Dan pasti mengguncangkan dunia, karena seperempat dari penduduk mereka telah menjadi Ahmadiyah.

Prediksi Potensi Ahmadiyah Lahore Secara Internasional

Agak sukar bagi saya memprediksi secara menyeluruh, karena keterbatasan data yang ada di tangan saya. Namun saya kira, Ahmadiyah Lahore di Belanda akan memperoleh sukses seperti misi Woking dahulu sewaktu zaman Khawaja Kamal-ud-Din. Kita pun tahu betapa hebatnya buku Islamologi (The Religion of Islam), dan sekarang buku tersebut telah dipunyai hampir semua orang yang potensial di Belanda. Kalau kita baca penilaian Khawaja Kamal-ud-Din tentang Prospek Penyiaran Islam di Barat pada pembahasan terdahulu, maka kita pun yakin akan semakin banyak orang Belanda yang menerima Islam. Dan ini tentunya akan merembet ke negara lainnya. Insya Allah. Di Amerika, Ahmadiyah Lahore telah secara terbuka memasang iklan buku The Religion of Islam di koran The New York Times dengan biaya yang cukup tinggi sekali terbit. Ini pun menunjukkan keyakinan kita akan pastinya pertolongan Allah dalam menyiarkan Islam di Barat. Selain itu, Dr. Noman Malik (USA) sering diundang kaum Nasrani untuk memberi ceramah dan diskusi dengan mereka, walaupun peristiwa ini kecil tetapi diduga ada masalah yang sama seperti dilihat Khawaja Kamal-ud-Din ketika dahulu beliau di Eropa. Kira-kira orang Amerika pun tidak puas dengan keyakinan mereka, dan merasa mendapat izin dari Yesus yang meramalkan  tentang kedatangan Ruh Kebenaran, yakni “… bila dia, Ruh Kebenaran, datang maka ia akan membimbing ke semua kebenaran.”. Sehingga mereka pun terpanggil untuk mempelajari agama-agama lain demi mencari kebenaran selain ajaran Nasrani. Hal ini pula yang dilihat Khawaja Kamal-ud-Din sewaktu hadir dalam Kongres Agama di Paris , Juli 1913.

Selain itu, majalah The Light dan Islamic Review masih terbit, sehingga tidaklah berlebihan kalau kita yakin bahwa tak lama lagi akan ada perubahan yang berarti di dunia Barat. Ingat juga kasyaf dari seorang anggota Ahmadiyah Lahore yang diinformasikan oleh Hazrat Amir waktu pengajian tahunan di Suriname. Dalam kasyaf itu, dia melihat pada tahun 2008 akan ada titik balik. (Tahun 2008 adalah tepat 100 tahun HMGA wafat). Menurut Hazrat Amir, orang yang mendapat kasyaf tersebut adalah orang yang selalu menasehati beliau agar selalu sabar.

Demikian secara singkat makalah ini, dan kami berharap agar kita dapat menangkap spirit perjuangan tokoh-tokoh terdahulu dan rekan-rekan kita di negara lain, sehingga kita pun terimbas oleh spirit mereka. Apalagi akhir-akhir ini ada usaha dari orang-orang yang anti, atau lebih baik disebut sebagai orang yang  tidak tahu Ahmadiyah, yang akan senang kalau Ahmadiyah itu tidak ada. Anggap saja itu sebagai vaksin, sehingga anti bodi kita tambah kuat. Kita perlu bekerja lebih giat lagi dengan spirit yang baru. Semoga Allah SWT memberi petunjuk, kekuatan, pengayoman, dan ridha-Nya kepada kita semua. Amien.

Catatan:

Tulisan ini diambil dari naskah Bapak Ketua Umum Gerakan Ahmadiyah (Lahore) Indonesia, Prof. Ir. Faturakhman Ahmadi Djojosugito, M.Sc.,   yang disampaikan pada pengajian tahunan di Yogyakarta tanggal 8 – 11 Desember 2005.

RU’YAH

Ditulis Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, Masih Yang Dijanjikan dalam buku Izalah-i-Auham:

“Saya melihat visiun bahwa saya berdiri di atas mimbar di kota London dan menyampaikan khotbah yang elok dan berkesan dalam bahasa Inggris, menggelar kebenaran Islam. Kemudian saya menangkap sejumlah burung yang hinggap di pepohonan kecil. Mereka berukuran tubuh yang kuat dan berwarna putih. Ru’yah ini saya tafsirkan berarti bahwa meskipun bukan saya, tetapi tulisan-tulisan saya akan mencapai dan menyebar di antara orang-orang, dan banyak orang-orang tulus akan jatuh ke pangkuan Kebenaran….

Satu tafsir Qur’an Suci akan disusun dalam bahasa Inggris dan dikirim kepada bangsa-bangsa Barat. Tetapi saya tak bisa menahan dan menghentikan diri saya dalam berkata dengan kalimat yang jelas, bahwa

Ini khusus karya saya dan tak seorang pun bisa mengerjakannya dengan cara sebagus seperti saya; atau dari seorang yang menjadi cabang saya dan termasuk dalam diri saya”

(ditulis pada tahun 1891 A.D.)

~II~

– “Barangsiapa mengumumkan sebagai kafir seorang yang beriman kepada Kalimah dia lebih dekat kepada kekafiran” (Hadist Tibrani, diriwayatkan oleh Ibn-i Umar).

– “Takutlah kepada Allah…. Kaum Muslim itu sudah kecil jumlahnya. Janganlah engkau kurangi jumlahnya lebih lanjut dan dengan itu kamu tambah jumlah orang-orang kafir” (Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, Pendiri Gerakan Ahmadiyah, dalam Izalah Auham, hal. 597).

Atau, siapakah yang mengijabahi orang yang susah tatkala ia berdoa kepada-Nya dan menyingkirkan keburukan, dan membuat kamu sebagai penguasa di bumi? Adakah tuhan( lain) di samping Allah? Sedikit sekali kamu ingat. Atau, siapakah yang menunjukkan kamu dalam gelap gulitanya daratan dan lautan? Dan siapakah yang mengutus angin sebagai kabar baik sebelum rahmat-Nya (turun)? Adakah tuhan (lain) di samping Allah? Maha-luhur Allah di atas segala yang mereka sekutukan. Atau, siapakah yang menciptakan makhluk pertama kali, lalu mengulang ciptaan itu? Dan siapakah yang memberi rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Adakah tuhan (lain) di samping Allah? Katakan: Bawalah tanda bukti kamu jika kamu orang tulus.  (Q.S. 27:62-64).

36 Tanggapan

  1. Ass.wr.wb.,
    Saya melihat isi dari artikel2 baik yang ada disini dan di web ahmadiyah lahore, selalu saja
    menjelek-jelekan ahmadiyah qadian…
    apakah itu diajarkan oleh Mujadid anda tsb?
    Kalau anda punya perkiraan anggota Ahmadiyah Qadian hanya berjumlah 5 juta saja..
    lalu bagaimana mungkin mereka bisa membangun ribuan mesjid di LN lengkap dengan fasilitas rumah misinya, bisa membangun Mesjid terbesar di Eropa Barat di kota London, membiayai satelit MTA, bisa mengorganisasikan Humanity first yang nota bene untuk membantu daerah2 yang kena bencana di dunia? apakah semua itu anda sebut bohong? apakah anda akan mengatakan juga bahwa dana tsb berasal dari Inggris bukan dari anggota?
    itu artinya anda tidak ada bedanya dgn yang lainnya..
    Lalu apakah Ahmadiyah Lahore sendiri berkembang? saya lihat di web2 resminya cuma mengetengahkan artikel2 lama kar. MMA tidak ada yang baru…
    coba aja lihat web anda tsb..isinya sama dengan 4 tahun yang lalu..
    wassalam

  2. Berikut jawaban dari penulis langsung yakni Bpk Prof. Ir. Faturakhman Ahmadi Djojosugito, M.Sc

    Sdr. Alif Yth.
    Assalamu alaikum Wr. Wb.
    1. Kami berterimakasih atas tanggapan Anda. Mohon maaf kalau Anda tersinggung dengan tulisan itu. Kami tidak bermaksud melukai hati siapapun. Kami hanya mengemukakan fakta atau kebenaran saja. Memang benar bahwa kebenaran dapat terasa pahit bagi pihak-pihak tertentu.
    Hal tersebut kami menyontoh dari Mujadid abad ke XIV H. Bukankah beliau juga menyatakan kebenaran dalam menjelaskan dajjal itu siapa? Tentu ada pihak yang tersinggung dengan penjelasan tentang dajjal tersebut.

    2. Sudah kami nyatakan pada permulaan artikel tsb. bahwa untuk menulis topik seperti di atas, kami banyak menemui kesulitan karena tidak adanya data kuantitatif yang dapat disajikan secara sempurna. Pembahasan ini lebih bersifat kualitatif, dan berangkat dari data yang secara cepat diperoleh penulis melalui kontak pribadi dan internet. Kebetulan kami menemukan tulisan dari Prof. Munawar Ahmad Malik (Mantan Anggota Qadiani) yang memberikan informasi tentang jumlah anggota Ahmadiyah Qadian dan lalu kami ambil dan dimasukkan dalam artikel tersebut.

    3. Harap disadari benar bahwa tulisan tersebut bukan karangan kami tetapi dari Prof. Munawar Ahmad Malik (Mantan Anggota Qadiani). Kami kira Anda lebih tahu siapa beliau. Kami menganggap beliau mempunyai kredibilitas yang tinggi dalam soal ini. Sejak dari pemuda, beliau sudah menjadi aktifis jemaat Ahmadiyah Qadian, tetapi beliau ragu atas data jumlah anggota yang dikeluarkan oleh Pimpinan Jemaat Qadian. Oleh karena itu beliau lalu terjun kebawah dan kemana-mana untuk meneliti keadaan sebenarnya dan hasilnya seperti yang tertuang dalam tulisan beliau itu. Meskipun beliau sudah mengabdi bertahun-tahun dan sudah senior, beliau sangat kecewa terhadap jemaatnya sehingga beliau keluar dari jemaat Ahmadiyah Qadian. Dengan keadaan seperti itu, kami memang mendapat kesukaran dalam memperoleh data yang andal mengenai jumlah anggota Jemaat Ahmadiyah Qadian.

    4. Jika Anda berpendapat bahwa tulisan Prof. Munawar Ahmad Malik tersebut tidak benar, tolong Anda bantah atau tunjukkan ketidakbenarannya dengan cara yang sepadan dengan tulisan Prof. M. A. Malik tsb. (sangat detail). Jika tulisan Prof. Munawar Ahmad Malik tersebut benar, kami berharap Anda masih obyektif dan berpikir positif dan menggunakan masukan tsb. untuk mulai melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan demi kebaikan jemaat Anda. Apakah keadaan yang digambarkan oleh Prof. Munawar Ahmad Malik tersebut tidak berarti apa-apa bagi Anda?

    5. Kami angkat topi atas prestasi yang diraih oleh jemaat Ahmadiyah Qadian seperti yang Anda sebutkan. Kami ikut senang. Semoga jemaat Ahmadiyah Qadian dan Lahore lekas bersatu kembali sesuai dengan yang diramalkan oleh HMG Ahmad dan tentunya jika segala masalah perbedaan yang menyebabkan perpecahan sudah dihilangkan dan berjalan di jalan yang benar.

    6. Kami juga berterimakasih atas penilaian Anda (terlepas benar tidaknya) terhadap Ahmadiyah Lahore. Hal itu akan menjadi masukan yang berharga bagi kami.

    7. Tentang tuduhan atau kecurigaan Anda bahwa kami menuduh Anda dapat bantuan dari Inggris dll. Apakah Anda pernah mendengar kami menuduh Anda seperti itu? Janganlah melebih-lebihkan! Nanti dapat menjadi fitnah!

    Sebagai penutup, pada akhir bulan Ramadhan ini kami mengucapkan:”Taqabbalallahu minna wa minkum”.
    Mohon maaf bila kami telah berbuat kesalahan.

    Wassalam.

  3. Mas Erwan yang terhormat,
    Anda mengatakan bahwa anda tidak bermaksud menyinggung dan melukai hati siapapun, tapi hanya mengungkapkan kebenaran saja…sudahkah anda bertabayun dulu dgn tulisan sang professor tsb?
    Bukankah kita disuruh oleh Allah untuk memeriksa dulu dan mencheck dulu apabila kita mendengar suatu kabar berita? Agar jangan anda menyesal di kemudian hari?
    Padahal anda sendiri mengaku bahwa anda menemui kesulitan karena tidak adanya data kuantitatif yang dapat disajikan sempurna…tetapi anda dgn berani mengatakan bahwa ini adalah kebenaran tanpa ricek terlebih dahulu..anda boleh saja mengelak bahwa tulisan tsb adalah tulisan orang lain, tapi jika anda menyadur dan mengatakan bahwa ini adalah kebenaran bukankah itu artinya anda setuju dan yakin dgn tulisan tsb?
    Kalau suatu data tidak akurat bagaimana bisa anda mengatakan bahwa anda telah menyajikan suatu kebenaran?
    Anda tahu bahwa Munawwar Ahmad Malik adalah ex. Seorang Qadiani, bukan tidak mungkin beliau membuat2 tulisan2 dan tuduhan2 palsu thdp JA
    banyak koq mas..orang2 seperti itu..
    mungkin saja mereka sakit hati karena dipecat dari kepengurusan organisasi…
    dan mereka2 sekarang bergabung dengan Anti Ahmadiyya…

    Sekarang jawaban saya cukup simple mas, jika tulisan tsb benar bahwa anggota JA hanya 5 juta saja…bagaimana mungkin JA bisa mendanai semua proyek2 besar (spt yang saya sebutkan diatas) padahal dana tsb murni berasal dari anggota?
    Anggaplah menurut anda jumlah 5 juta itu benar.. coba Sekarang anda bandingkan saja NU atau Muhammadiyah yang mengklaim mempunyai anggota lebih dari 5 juta, bisakah mereka bisa besar spt J/A karena dilihat dari anggotanya saja melebihi J/A yang katanya Cuma 5 Juta saja?
    Atau anggota Lahore sendiri deh..bisakah besar spt J/A ?
    jadi jelas tulisan tsb hanya mengada-ngada, Jika prof tsb mau jujur bukankah ketika beliau di baiat itu baik nama dan data2 orang yang masuk baiat ada ditulis untuk dikirim kepusat data?
    Lalu apanya yang sulit untuk mengetahui data2 tsb?
    Apa perlunya beliau mencari informasi lewat cara lain?
    Saya yakin anda tahu struktur oranganisasi kepengurusan J/A yang dibuat oleh Khalifah II
    bukankah itu menandakan bahwa organisasi J/A lebih rapi dan lengkap…lalu apanya yang sulit untuk memperoleh data2 tsb?

    Itulah mas Lahore…bagaiman mungkin bersatu kalau isi tulisan2 nya terus menerus menghujat JA?

    Wassalam,

  4. AsSalaam alaikum to all
    My attention has been drawn to your web site and although I cannot read your bhasha but knowing Urdu, Arabic, Persian and of course, English, I could make the general sense.
    The website is bold and truthful, I am sure lots of people of your country would appreciate it and may Allah bless you all..
    In the pages of your website, there is a list of countries where the Anjuman Ishaat Islam Lahore (The Central Anjuman) has its branches (or at least that is what I feel the list is about), sadly the name of the UK Jamaat and Berlin, Germany is missing.
    The UK Jamaat was established in 1913 by Khawaja Kamal ud Din sahib as the Woking Muslim Mission
    and in Berlin, Germany we have the first and oldest working mosque in Germany and probably in northern Europe.
    And now, I am happy to tell you, that by the Grace of Allah, we have a member in the Mauritius.

    If there are any further querries about Islam or the Anjuman please do not hesitate to contact us in the UK or our Centre in Pakistan.
    Wassalaam,
    Ross Mahmood
    Trustee – AALMI
    Ahmadiyya Anjuman Lahore Missions International, UK.

  5. Jazakallah Khairan Katsira, for your correction, we just missing Germany in that list. UK in indonesian language we call them Inggris (List no 10). I am glad and very thankfull for you to come and see Indonesian Weblog. And also it is a good news to know that we have a member in the Mauritius, Hopefully AAIIL can make a new branch in there so we can more wide-spread a true of teaching of Islam in original form
    Wasalam
    Erwan

  6. Kami anjurkan agar Ahmadiyah Lahore dan Ahmadiyah Qodian bersatu kembali dibawah panji Mirza Ghulam Ahmad memenuhi An Nahl (16) ayat ayat 93, jangan mengikuti nafsu manusia yang mubazir memenuhi Ar Ruum (30) ayat 32.

    Mengikuti Allah berarti mengikuti An Nahl (16) ayat 93, mengikuti nafsu manusia berarti mengikuti Ar Ruum (30) ayat 32.

    Kelak awal millennium ke-3 masehi akan datang syariat kiamat sesuai Al Jaatsiyah (45) ayat 16-18, dan syariat kiamat ini adalah melaksanakan An Nashr (110) ayat 1,2,3 tempat untuk semua umat beragama dan kepercayaan yang ada masuk berbondong-bondong sesuai Al Baqarah (2) ayat 62, Al Maidah (5) ayat 69, Al Hajj (22) ayat 17.

    Baca buku “BHINNEKA CATUR SILA TUNGGAL IKA”
    hasil karya penelitian kitab-kitab suci agama-agama
    oleh “SOEGANA GANDAKOESOEMA” penerbit
    “GOD-A CENTRE”.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  7. Bukan hanya Qadiyan dan Lahore namun juga seluruh umat Islam, Sebab umat Islam boleh berbeda pendapat tentang masalah apapun namun mereka satu kata tentang Quran Suci dan Nabi Suci Muhammad saw. Bukan hanya umat Islam namun juga seluruh umat beragama, sebab para nabi terdahulu telah meriwayatkan kedatangan Baginda Besar Nabi Suci Muhammad saw (3:81) dan kebalikannya Nabi Suci mewajibkan umatnya untuk mengimani para Nabi terdahulu beserta kitab Sucinya (Qs 2:285)

  8. Bagaimana akan mengusahakan ilmu pengetahuan persepsi tunggal agama untuk menyatukan selurun manusia berbagai agama sesuai Al Baqarah (2) ayat 148, untuk yang kecil saja antara Ahmadiyah Qadian dan Lahore para peminpinnya tidak ada usaha bersatu kembali yang mengakibatkan para pengikutnya terumbang-ambing dalam perpecahan persepsi agama sesuai Ar Ruum (30) ayat 32. yang seharusnya melaksanakan An Nahl (16) ayat 93.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  9. Diatas situs ini anda mengutip Ali Imran (3) ayat 104: Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan yang menyeru kepada kebaikan, dan menyuruh berbuat benar dan melarang berbuat salah. Dan mereka itulah orang yang beruntung.
    Kami menganjurkan Ahmadiyah Lahore dan Qadian bersatu kembali, jadi kami berbuat benar dan orang yang beruntung dan kami melarang berbuat salah, demi melaksanakan An Nahl (16) ayat 93 dan anti Ar Ruum (30) ayat 32.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  10. Khair artinya kebaikan, dan dalam 2:105 Quran Suci disebut-sebut “Khair” karena seluruh prinsip hidup moral dan spiritual yang “baik/khair” terdapat dalam Quran Suci. Jadi sekelompok orang yang meyeru kepada kebaikan itu tiada lain adalah sekelompok orang yang menyeru untuk kembali kepada Quran Suci dan Sunnah. Kini yang menjadi pertanyaan saya apakah golongan bapak mewajibkan shalat 5 waktu, Puasa dibulan Ramadhan, Naik haji dan bayar zakat? maaf kalau saya salah info tentang bapak.

  11. Sifat Rububiyah Ilahi akan menuntun manusia kearah persatuan, tidak dipungkiri lagi bahwasannya dalam Islam ada sekelompok orang/organisasi yang memperjuangkan Islam (3:104; 9:122), yang tidak dibolehkan dan ini merupakan penyakit yang merusak ukhuwah Islamiyah adalah tiap-tiap golongan itu merasa kelompoknya itulah yang paling Islam sementara diluar golongan itu adalah kafir dan diluar Islam (takfirul muslimin). Salah satu alasan golongan Ahmadiyah Lahore memisahkan diri dari Qadiyan adalah pernyataan dari Bashiruddin Mahmud Ahmad bahwa mereka yang tidak Semua orang Islam yang tidak berbai’at kepadanya, sekalipun tidak pernah mendengar nama beliau, hukumnya kafir dan keluar dari Islam, hal ini tentunya sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan Islam. Pemisahan diri dari Qadiyani adalah salah satu ikhtiar dari Muhammad Ali supaya umat Islam bisa bersatu, sebab bagaimana mungkin bisa bersatu bila ada segolongan atau bahkan tiap-tiap golongan merasa diluar golongan mereka adalah kafir dan diluar Islam, inilah yang disebut-sebut dalam 30:32: tiap-tiap golongan merasa senang akan apa yang pada mereka, golongan yang merasa diluar golongan mereka adalah kafir dan diluar Islam tentunya akan menyiarkan golongan itu, bukan menyiarkan Islam dan cendrung bersifat sektarian

  12. Bahas dahulu yang anda kemukakan dengan mempergunakan siklus ilmu pengetahuan agama ajaran Adam maupun ilmu yang dahulu 10.000 tahun yang lalu dan ilmu yang sekarang millennium ke-3 masehi yang jelas-jelas dapat memasukkan kedalam sorga sesuai Al Baqarah (2) ayat 30-39, dan sorga yang akan datang sesuai Al A’raaf (7) ayat 27, Thaha (20) ayat 117.
    Dari ilmu ini anda dapat mengerti dengan jelas sekali:
    1. Apakah arti syiar-syiar Allah pada Baitullah dan sekitarnya, mansik haji dan umrah seperti thawaf mengelilingi (siklus) Kabah ,sa’i antara Shafa dan Marwa, wukuf Arafah, mabit Musdalifah, Jamarat Ula, Wusta dan Aqaba Mina. Simbul korban hewan sesuai Al An Am (6) ayat 143,144 bahas dengan ilmu pengetahuan agama.
    2. Apakah maksud arti dari Shalat berdiri, ruku, dan 2 sujud awal dan akhir menurut ilmu pengetahuan agama ajaran Adam yang pasti dapat memasukkan kedalam sorga.
    3. Apakah maksud arti dari Puasa menurut ilmu pengetahuan agama ajaran Adam yang pasti dapat memasukkan kedalam sorga.
    4. Apakah maksud arti dari Zakat menurut ilmu pengetahauan agama ajaran Adam yang pasti dapat memasukkan kedalam sorga.
    Sebab apabila tidak mengerti maksudnya syiar-syiar Allah pada Baitullah dan sekitarnya dan lain-lainnya akan dicap Allah sesuai Al Jumu’ah (62) ayat 5: Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan Taurat (termasuk Al Quran, Injil, Zabur, syiar-syiar Allah pada Baitullah dan lain-lain syiar-syiar Allah) kepadanya, kemudian mereka tidak memikulnya (dengan pengertian yang benar artinya) adalah ibarat keledai yang mengangkut kitab-kitab yang tebal. (Itulah) seburuk-buruknya perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat (tentang syiar-syiar) Allah. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim (tidak menempatkan sesuatu hal pada tempat arti yang sebenarnya).
    Ingat, Allah memberikan petunjuk kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  13. -Hadits tentang Haji dan Umrah:
    Dari Syu’bah Nabi saw. bersabda: Tidak berdiri kiamat sampai Baitullah sudah tidak dikunjungi orang lagi (karena syiar-syiar Allah pada Baitullah dan sekitarnya rahasia isinya sudah tersingkap yang sama dengan Risalah Allah /Tuhan siklus sejak Adam sampai kiamat yang disampaikan oleh para rasul / nabi sesuai Al Maidah (5) ayat 67, Al An Aam (6) ayat 124,125, Al A’raaf (7) ayat 62,68,79,93,144, Al Ahzaab (33) ayat 38,38,40, Al Jinn (72) ayat 23,26,27,28).
    -Kiamat pengertiannya adalah habis gelap terbitlah terang berderang ilmu pengetahuan agama sesuai Al Qiyamah (75) ayat 6-15, Al Baqarah (2) ayat 257, Al Mujaadilah (58) ayat 6,18,22.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  14. 1.Kedatangan Nabi kapanpun senantiasa adalah nikmat Allah sesuai Al Maidah (5) ayat 20, Maryam (19) ayat 58
    2. Kedatangan Rasul kapanpun senantiasa adalah karunia sesuai Ali Imran (3) ayat 164.
    3. Tidak berdosa mengakui nabi dan rasul yang datang kapanpun sesuai Al Mu’min (40) ayat 28.
    4. Apabila nabi / rasul itu berbohong resikonya ada pada dirinya sesuai Al Haaqqah (69) ayat 44-46.
    Yang beriman kepadanya nabi /rasul tetapi tidak berdosa.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  15. Apabila syariat kiamat tiba hari ini, sesuai Al Jaatsiyah (45) ayat 16-18, yang wajib diikuti, karena kalau tidak diikuti divonis Allah “sebagai orang yang mengikuti hawa nafsu kemauannya dan sebagai orang yang tidak tahu” dan bagaimana nasib syariat islam pada hari kiamat itu ????
    Sekarang kami telah mengikuti syariat kiamat dengan benar, jadi kami tidak mengikuti hawa nafsu !!!!!

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  16. Maaf bapak Soeganda yang saya hormati, sebelum berpanjang lebar, supaya saya bisa menempatkan posisi saya saat ini apakah saya saat ini sedang berdialog dengan Muslim atau non muslim, apakah gerakan (organisasi) bapak itu gerakan untuk perkara Islam atau diluar Islam? kembali saya pertegas pertanyaan saya.
    Apakah Bapak beserta pengikut bapak masih menjalankan Shalat, Puasa, Zakat serta Menjalankan Ibadah Haji sesuai yang disyariatkan oleh Islam?
    saya hanya butuh jawaban
    1. Iya masih
    2. Tidak, Syariat Islam sudah saya batalkan
    terima kasih

  17. Yang Mulai Anda,

    Pertanyaan anda menimbulkan pertanyaan kembali dari kami:untuk Yang Mulia Anda.

    1.Kalau orang tidak shalat, tidak zakat, tidak puasa, tidak naik haji pahalanya neraka atau sorga?
    Kaya apa Neraka dan kaya apa Sorga, terulang kembali kepada so’al ruh hanya Allah yang tahu sesuai Al Isro (17) ayat 85, sedang saya tidak tahu soal roh!
    Mungkin anda tahu benar so’al ruh!

    2. Al Jaatsiyah (45) ayat 16-18: Kalau datang hari ini syariat kiamat yang wajib diikuti, bagaimana nasib syariat islam.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  18. Kan Yang Mulia Anda mengerti Al Quran:

    1. Jelaskan syariat kiamat itu apa, sesuai Al Jaatsiyah (45) ayat 16-18, kami akan ikut pemikiran Yang Mulia Anda tentang syariat kiamat?

    2. Apakah didalam Al Quran ada tercantun jelas-jelas kata “syariat islam” tolong tunjukkan ayatnaya kepada kami.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  19. Kalau Allah mengatakan didalam kitab sucinya dari dahulu kamu (manusia) disebut muslim menurut Al Hajj (22) ayat 78.
    Petanyaannya agama Buddha datang sebelum Nabi Suci, agama Hindu datang sebelum Nabi Suci, agama Kristen Yahudi datang sebelum Nabi suci.
    Jadi agama-agama yang datang sebelum Nabi suci, karena mereka adalah manusia juga, masuk golongan muslim atau non muslim.
    Agama Islam telah ada sejak Adam bahkan sebelum Adam.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  20. Maaf Bapak Soegana,
    Nabi Suci bersabda bahwa:
    “Bangunan Islam itu atas lima perkara: bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji ke Baitullah dan puasa di bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

    Nah perrtanyaan saya kembali adalah
    1. Iya masih
    2. Tidak, Syariat Islam sudah saya batalkan

    Mohon jawabannya hanya Iya,atau tidak, jangan dibalas dengan pertanyaan kembali,
    terima kasih

    nb: dan saya sama sekali tidak punya hak apakah seseorang itu masuk neraka atau Surga

  21. Seumur hidup kami, 3/4 abad lebih sejak kecil tidak pernah shalat karena tidak tahan berdiri, ruku dan sujud, tidak pernah zakat karena tidak punya uang, tidak pernah puasa karena tidak tahan lapar dan tidak pernah behaji karena tiak punya uang, kata orang, islam KTP, hanya shahadat tauhid, karena Tuhan itu Tunggal kata orang kejawen, ini jawaban kami?

    Wasalam, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi

  22. Sebagai contoh kami saksikan kebanyakan orang islam pada tiap-tiap masa shalat jumat, 99,99 %masih berkeliaran diluar, tetapi mereka tetap diberi sorga, sebab Allah Maha Rahman dan Rahim.

    Wasalam, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  23. Hendaknya puas atas jawaban!!!

    Wasalam, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  24. Sekarang tinggal giliran Anda Allah menjawab pertanyaan-pertannyaan yang kami ajukan, agar adil!

    Wasalam, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  25. Kepada Yang Mulia Anda Allah, ahli isi kitab suci Muhammad saw, dan Al Kitab perjanjian lama dan perjanjian baru:

    Pertanyaan Anda Allah sudah dijawab tegas !
    Sekarang tinggal jawab pertanayaan kami ?.

    Tolong jelaskan apa perbedaan antara agama disisi Allah adalah Islam dan Agama Allah, memenuhi:
    Ali Imran (3) ayat 19,81,82,83, Al Maidah (5) ayat 3, Al Hajj (22) ayat 78, Al Baqarah (2) ayat 208, An Nuur (24) ayat 2, An Nashr (110) ayat 1,2,3.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

  26. Yang Mulia Anda Allah,

    Hai Anda Allah yang dawam shalat, tolong jelaskan semua pertanyaan yang kami ajukan, kalau tidak Anda Allah tidak fair dan dan tidak adil.

    Wasalam, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millenium ke-3 masehi.

  27. Bpk Soegana:

    Seumur hidup kami, 3/4 abad lebih sejak kecil tidak pernah shalat karena tidak tahan berdiri, ruku dan sujud, tidak pernah zakat karena tidak punya uang, tidak pernah puasa karena tidak tahan lapar dan tidak pernah behaji karena tiak punya uang, kata orang, islam KTP, hanya shahadat tauhid, karena Tuhan itu Tunggal kata orang kejawen, ini jawaban kami? Wasalam, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi

    Terima kasih,
    Kini telah jelas saya saat ini berhadapan dengan Non Muslim, masalah yang lain-lain tidak saya tanggapi karena tidak ada koneksinya dengan artikel Peta Penyebaran Ahmadiyah Lahore

  28. Alif, di/pada Oktober 1st, 2007 pada 3:31 am Said

    Mas Erwan yang terhormat,
    Anda mengatakan bahwa anda tidak bermaksud menyinggung dan melukai hati siapapun, tapi hanya mengungkapkan kebenaran saja…sudahkah anda bertabayun dulu dgn tulisan sang professor tsb?
    Bukankah kita disuruh oleh Allah untuk memeriksa dulu dan mencheck dulu apabila kita mendengar suatu kabar berita? Agar jangan anda menyesal di kemudian hari?
    Padahal anda sendiri mengaku bahwa anda menemui kesulitan karena tidak adanya data kuantitatif yang dapat disajikan sempurna…tetapi anda dgn berani mengatakan bahwa ini adalah kebenaran tanpa ricek terlebih dahulu..anda boleh saja mengelak bahwa tulisan tsb adalah tulisan orang lain, tapi jika anda menyadur dan mengatakan bahwa ini adalah kebenaran bukankah itu artinya anda setuju dan yakin dgn tulisan tsb?
    Kalau suatu data tidak akurat bagaimana bisa anda mengatakan bahwa anda telah menyajikan suatu kebenaran?
    Anda tahu bahwa Munawwar Ahmad Malik adalah ex. Seorang Qadiani, bukan tidak mungkin beliau membuat2 tulisan2 dan tuduhan2 palsu thdp JA
    banyak koq mas..orang2 seperti itu..
    mungkin saja mereka sakit hati karena dipecat dari kepengurusan organisasi…
    dan mereka2 sekarang bergabung dengan Anti Ahmadiyya…

    Sekarang jawaban saya cukup simple mas, jika tulisan tsb benar bahwa anggota JA hanya 5 juta saja…bagaimana mungkin JA bisa mendanai semua proyek2 besar (spt yang saya sebutkan diatas) padahal dana tsb murni berasal dari anggota?
    Anggaplah menurut anda jumlah 5 juta itu benar.. coba Sekarang anda bandingkan saja NU atau Muhammadiyah yang mengklaim mempunyai anggota lebih dari 5 juta, bisakah mereka bisa besar spt J/A karena dilihat dari anggotanya saja melebihi J/A yang katanya Cuma 5 Juta saja?
    Atau anggota Lahore sendiri deh..bisakah besar spt J/A ?
    jadi jelas tulisan tsb hanya mengada-ngada, Jika prof tsb mau jujur bukankah ketika beliau di baiat itu baik nama dan data2 orang yang masuk baiat ada ditulis untuk dikirim kepusat data?
    Lalu apanya yang sulit untuk mengetahui data2 tsb?
    Apa perlunya beliau mencari informasi lewat cara lain?
    Saya yakin anda tahu struktur oranganisasi kepengurusan J/A yang dibuat oleh Khalifah II
    bukankah itu menandakan bahwa organisasi J/A lebih rapi dan lengkap…lalu apanya yang sulit untuk memperoleh data2 tsb?

    Itulah mas Lahore…bagaiman mungkin bersatu kalau isi tulisan2 nya terus menerus menghujat JA?

    Wassalam,

    Jawaban dari Bpk Prof. Ir. Faturakhman Ahmadi Djojosugito, M.Sc yang menulis artikel “Peta Penyebaran Ahmadiyah Lahore di Dunia
    Sdr. Alif Yth
    Ass. Wr. Wb. Maaf, berhubung beberapa hal, baru sekarang kami memberi tanggapan lagi.
    1. Beda antara Anda dengan kami adalah bahwa Anda tidak yakin bahwa yang ditulis oleh Professor Munawwar Ahmad Malik benar sedangkan kami meyakini bahwa itu benar. Tetapi paling tidak Anda sudah membenarkan bahwa beliau adalah ex seorang Qadiani.

    2. Mengingat bahwa beliau sejak dari muda sudah menjadi aktivis JA sd Professor, kami berpendapat bahwa beliau mempunyai kredibilitas tinggi dalam menjelaskan kondisi/situasi JA, artinya dapat dipercaya.

    3. Tulisan beliau sudah merupakan tulisan yang terbuka (yang punya akses internet dapat mengaksesnya). Sepanjang yang kami ketahui tidak ada bantahan/penjelasan dari pihak JA (Qadian). Oleh karena itu kami berani memakai itu sebagai rujukan.

    4. Anda menyatakan:

    “…banyak koq mas …orang2 seperti itu…mungkin saja mereka sakit hati karena dipecat dari kepengurusan organisasi…dan mereka2 sekarang bergabung dengan Anti Ahmadiyah…”

    Sekaranglah kesempatan Anda untuk membantu memberikan info kepada kami tentang: “Kasus Prof. Munawwar Ahmad Malik tsb. Misalnya antara lain dipecat karena begini…begini, SK pemecatan no sekian, tanggal sekian…dsb”. Jadi, sebaiknya jangan memakai kata ‘mungkin’….
    Bagi Anda tentu akan sangat mudah memperoleh data tsb. karena arsip JA rapi dan Anda sebagai orang dalam.

    5. Kesimpulan Anda bahwa anggota yang berjumlah 5 juta tidak mungkin mendanai proyek2 besar, menurut kami kurang meyakinkan. Bagaimana jika diantara 5 juta anggota tsb. ada beberapa saja yang berkapasitas seperti atau sepersepuluhnya saja dari George Soros atau Bill Gates?

    6. Pertanyaan Anda: “Atau anggota Lahore sendiri deh…bisakah besar spt J/A?”
    Apa hubungan pertanyaan Anda tsb. dengan masalah yang sedang kita bicarakan?

    7. Jika Anda membaca secara teliti tulisan Prof. Munawwar Ahmad Malik, yang beliau ragukan adalah justru kebenaran data pusat. Memang dapat saja data2 administratip yang di pusat (formulir2 dll.) ada buktinya. Tetapi apakah itu sesuai dengan yang ada di lapangan? Oleh karena itu Prof. M.A Malik mengecek sendiri di lapangan dan hasilnya beliau tuangkan dalam tulisan beliau tsb. Apakah ada cara lain yang lebih baik dari cara ini dalam mengecek sesuai tidaknya data pusat dengan data lapangan? Sebetulnya mudah sekali mengecek benar tidaknya tulisan Prof. M.A. Malik tsb. Cek saja lagi oleh pimpinan pusat JA bersama dengan Prof. M.A.Malik.

    8. Yang menjadi hambatan tidak atau belum bersatunya Qadian dan Lahore bukan karena masalah menghujat atau tidak tetapi masalah beda keyakinan. Qadian meyakini Hazrat Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi sedang Lahore meyakini sebagai mujaddid dan muhadas, bukan sebagai nabi yang sebenarnya. Selama itu belum terselesaikan, tidak mungkin bersatu.

    Wass. Wr. Wb.

  29. Perkembangan Ahmadiyah Qadian hingga Mei 2009

    . Jemaat Muslim Ahmadiyah hingga saat ini berdiri di 193 negara di dunia

    · Di tahun 2009 ini , Jemaat Muslim Ahmadiyah melebarkan sayapnya di empat (4) negara baru, yaitu: Guadeloupe, St. Martine, French Guyana dan Haiti

    · Hubungan baru telah dijalin di 33 negara pada tahun ini

    · Jumlah cabang baru Jemaat Muslim Ahmadiyah di seluruh dunia bertambah 653 cabang

    · Memperkenalkan Jemaat Muslim Ahmadiyah untuk pertama kalinya di 631 lokasi di seluruh dunia

    · Hudhur Ayyadahullah menetapkan target untuk mengadakan hubungan kembali dengan para mubayyin baru yang sudah ada dan mencapai keberhasilan 70% di tahun 2008 . Dalam hubungan ini pengembangan kerja sama telah dilakukan dan 301.606 hubungan diadakan kembali.

    · Di Tahun ini sebanyak 299 mesjid baru di bangun atau pun diserahkan kepada Jemaat Muslim Ahmadiyah di seluruh dunia. Saat ini Jemaat Muslim Ahmadiyah telah mendirikan 15.055 mesjid di seluruh dunia.

    · Sebanyak 186 rumah missi baru didirikan. Saat ini total rumah missi yang dimiliki Jemaat Muslim Ahmadiyah sebanyak 1879 yang berada di 97 negara di dunia

    · Delapan (8) Perusahaan Percetakan milik Jemaat Muslim Ahmadiyah beroperasi di Ghana, Tanzania, Nigeria, Burkina Faso, Ivory Coast, Sierra Leone, Gambia dan Kenya

    · Terjemahaan Al Qur’an ke dalam 64 bahasa telah diterbitkan. Terjemahaan Al Qur’an lengkap 30 juz ke dalam 18 bahasa telah selesai dikerjakan dan 11 bahasa lainnya masih dalam proses.

    · Buku Al-Wasiyyat telah diterjemahkan ke dalam 10 bahasa

    · Buku-buku karya Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad a.s. yang tahun ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yaitu: Lecture Sialkot, Zarooratul Imam, Eik Ghalati Ka Izala, Mayarul Mazahib, Barakatud Dua, dan Paigham Sulah

    · Sebanyak 273 Pameran tentang Jemaat Muslim Ahmadiyah telah diselenggarakan di berbagai negara di dunia dan dihadiri oleh lebih dari 300,000 orang pengamat.

    · Sebanyak 2861 Bookstalls dan 55 Book Fairs diselenggarakan tahun lalu·

    . Channel 3 MTA yang berbahasa Arab bernama MTA `Al-Arabiyya’ telah sedang mengudara. Acara interaktif Al Hiwar Al Mubasyar banyak diminati oleh masyarakat Timur Tengah, Mesir, Syria, Lebanon, Palestina, Saudi, Kuwait etc.

    · Dua Stasiun Radio di Leo dan Dori-Burkina Faso beroparasi dan satu (1) stasiun baru Radio Siera Leone

    · Di tahun 2008 dari target 100 stasiun, sebanyak 55 stasiun pembangkit listrik tenaga matahari telah selesai dibangun dan sekarang telah aktif dan digunakan oleh masyarakat.

    · Terjadi penambahan 1621 orang anak Waqifeen e Nau. Jumlahnya sekarang 34.811 dengan 22.577 anak laki-laki dan 12.234 anak perempuan.

    · Sebanyak 36 rumah sakit beroparasi di 12 negara. Sebuah rumah sakit baru tengah dibangun di Kenya dan sebanyak 505 sekolah beroparasi di beberapa negara di Afrika.

    · Sebanyak 260.839 anggota baru bergabung ke dalam Jemaat Muslim Ahmadiyah yang berasal dari 146 negara.

    Al-Qur’an, Kitab Suci dari sekitar 1 miliar umat Islam di seluruh dunia sekarang telah tersedia, dengan terjemahan pilihan ayat-ayat dalam 114 bahasa dunia dan 50 bahasa terjemahan Lengkap satu buku. Al-qur’an, dalam kata-kata sendiri, “.. Merupakan kitab; yang tidak ada keraguan di dalamnya, yang merupakan panduan bagi orang-orang yang bertakwa, yang percaya pada yang gaib dan senantiasa mendirikan shalat dan membelanjakan dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka, dan yang beriman kepada apa yang telah wahyukan kepadamu dan apa yang telah diwahyukan sebelum kamu dan mereka mempunyai iman teguh kepada akhirat. ” (Q.S 2:1-5)

    Jamaah Muslim Ahmadiyah, gerakan yang relatif baru di dalam Islam, dengan senang hati mempersembahkan Al-Qu’an – firman Allah – ke dalam 114 bahasa dunia (Quran Suci pada awalnya diturunkan oleh Allah dalam bahasa Arab).

    Berikut ini adalah daftar dari terjemahan ke dalam 50 bahasa, dan juga daftar 114 bahasa yang dipilih dalam ayat-ayat suci Alquran. Jika Anda memerlukan terjemahan dalam salah satu bahasa, atau literatur Islam lainnya, atau informasi, silahkan kunjungi Toko Buku Alislam.http://store.alislam.org/ LIST OF LANGUAGES IN WHICH THE COMPLETE HOLY QURAN IS TRANSLATED (50): Language Regions where spoken. ———- ———————

    1. ALBANIAN Albania, Kosova (Ex-Yugoslavia), Greece, Italy, Bulgaria

    2. ASSAMESE India, Assam (North India), Bhutan, Bangladesh

    3. BANGLA Bangladesh, West Bengal (India)

    4. BULGARIAN Bulgaria, Greece, Romania, Moldova, Ukraine

    5. CHINESE China, Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Singapore

    6. CZECH Czech Republic, Some in U.S.A. and Canada

    7. DANISH Denmark, Faeroe Islands, Greenland, North Germany

    8. DUTCH Netherlands, Belgium, Suriname, Netherlands Antilles, France

    9. ENGLISH Most of North America, Europe, Australia. Some Asia & Africa

    10. ESPERANTO Eastern Europe, Japan, China, Holland

    11. FIJIAN Fiji Islands

    12. FRENCH France, Canada, Belgium, Switzerland, U.S.A.

    13. GERMAN Germany, Austria, Switzerland, Liechtenstein

    14. GREEK Greece, Cyprus, Turkey (and surrounding areas)

    15. GUJRATI India (Gujrat, Maharashtra), Some Pakistan

    16. GURMUKHI India

    17. HAUSA Niger, Nigeria, Cameroon, Chad, Ghana, West Africa

    18. HINDI India, Fiji, Surinam, Guyana, Some Africa

    19. IGBO South-east Nigeria,

    20. INDONESIAN Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei

    21. ITALIAN Italy, Switzerland, San Marino, Vatican City

    22. JAPANESE Japan

    23. KIKUYU Kenya, NEC Africa

    24. KOREAN Korea (North + South), China, Japan, Uzbekistan, Kazakhstan

    25. LUGANDA Uganda

    26. MALAYALAM South-west India, Kerala

    27. MALAY Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei, Indonesian

    28. MANIPURI India (Assam)

    29. MARATHI Maharashtra (north-west India)

    30. MENDE Sierra Leone, Liberia

    31. ORIYA India (Orissa)

    32. PASHTU Pakistan, Afghanistan

    33. PERSIAN Iran, Afghanistan

    34. POLISH Poland, Some republics of former USSR.

    35. PORTUGUESE Portugal, Brazil, Angola, Mozambique, Guinea-Bissau

    36. PUNJABI India, Pakistan

    37. RUSSIAN Russia, Some other former USSR republics, Afghanistan, China

    38. SARAEKI India, Pakistan

    39. SINDHI Pakistan, India

    40. SPANISH Spain, Central + South America, Mexico, U.S.A.

    41. SWAHILI Mozambique, Kenya, Somalia, Comoros, Tanzania

    42. SWEDISH Sweden, Finland, Estonia, USA, Canada

    43. TAGALOG Phillipines, Luzon, Manila, Mindanao

    44. TAMIL Sri Lanka, India, Malaysia, Far East, E & S Africa

    45. TELUGU India (Andhra Pradesh)

    46. TURKISH Turkey, Bulgaria, Turkish Cyprus

    47. TUVALU Tuvalu, Nauru

    48. URDU Pakistan, some India

    49. VIETNAMESE Vietnam, Cambodia

    50. YORUBA Nigeria, Benin, Togo

    LIST OF LANGUAGES IN WHICH SELECTED VERSES OF THE HOLY QURAN ARE TRANSLATED (114): Language Regions where spoken. ———- ———————

    1. AFRIKAANS South Africa, Namibia, Malawi, Zambia, Zimbabwe

    2. ALBANIAN Albania, Kosova (Ex-Yugoslavia), Greece, Italy, Bulgaria

    3. AMHERIC Ethiopia, Sudan

    4. ASANTE Ghana, Togo, Ivory Coast

    5. ASSAMESE India, Assam (North India), Bhutan, Bangladesh

    6. AZERBIJANI Azerbaijan, Iran, Turkey, Syria, Afghanistan

    7. BALINESE Indonesia, Bali (Island)

    8. BALOUCHI Baluchistan (Pakistan), Iran, Afghanistan, Bahrain, India

    9. BANGLA Bangladesh, West Bengal (India)

    10. BASSA Liberia, NWC Africa

    11. BATAKESE Sumatra, Indonesia

    12. BEMBA Zambia, Zaire

    13. BETE Ivory Coast

    14. BHUTANI Bhutan

    15. BOULE

    16. BULGARIAN Bulgaria, Greece, Romania, Moldova, Ukraine

    17. BURMESE Mayanmar (Burma)

    18. CATALAN Spanish, France, Andorra, Italy, Balearic Islands, U.S.A.

    19. CHICHIWA

    20. CHINESE China, Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Singapore

    21. CHIYAO

    22. CREOLE Mauritius, Haiti

    23. CZECH Czech Republic, Some in U.S.A. and Canada

    24. DAGBANI Ghana, Togo

    25. DANISH Denmark, Faeroe Islands, Greenland, North Germany

    26. DOGRI

    27. DUSUN

    28. DUTCH Netherlands, Belgium, Suriname, Netherlands Antilles, France

    29. ENGLISH Most of North America, Europe, Australia. Some Asia & Africa

    30. ESPERANTO Eastern Europe, Japan, China, Holland

    31. ESTONIAN Estonia, Latvia, Russia

    32. EWE Ghana, South Togo, South Benin

    33. FANTE Ghana, Ivory Coast, Togo

    34. FIJIAN Fiji Islands

    35. FINNISH Finland, Sweden, Estonia, Norway, Russia

    36. FRENCH France, Canada, Belgium, Switzerland, U.S.A.

    37. FULA Nigeria, Guinea, Senegal, Western African Bulge

    38. GA Ghana, Togo, Benin

    39. GEORGIAN Georgian Republic, Azerbaijan, Turkey, Iran

    40. GERMAN Germany, Austria, Switzerland, Liechtenstein

    41. GREEK Greece, Cyprus, Turkey (and surrounding areas)

    42. GUJRATI India (Gujrat, Maharashtra), Some Pakistan

    43. GURMUKHI India

    44. HAUSA Niger, Nigeria, Cameroon, Chad, Ghana, West Africa

    45. HEBREW Israel, U.S.A., Europe

    46. HINDI India, Fiji, Surinam, Guyana, Some Africa

    47. HUNGARIAN Hungary, Romania, Czech and Slovak republics, Yugoslavia

    48. IGBO South-east Nigeria,

    49. INDONESIAN Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei

    50. IRISH Ireland

    51. ITALIAN Italy, Switzerland, San Marino, Vatican City

    52. JAPANESE Japan

    53. JAVANESE Indonesia (Java), Malaysia, Suriname

    54. JULA

    55. KANNADA South-west India (Karnataka)

    56. KASHMIRI Kashmir (North India/Pakistan)

    57. KIKAMBA NEC Africa

    58. KIKONGO Zaire, Angola, Congo

    59. KIKUYU Kenya, NEC Africa

    60. KOREAN Korea (North + South), China, Japan, Uzbekistan, Kazakhstan

    61. KPELLE Guinea, Liberia

    62. KURDISH Iraq, Turkey, Iran

    63. LATVIAN Latvia, Lithuania, Ukraine, Estonia, Belorussia

    64. LINGALA NWC Africa

    65. LITHUANIAN Lithuania

    66. LUGANDA Uganda

    67. MADINKA Guinea, Mali

    68. MALAY Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei, Indonesian

    69. MALAYALAM South-west India, Kerala

    70. MANIPURI India (Assam)

    71. MAORI New Zealand

    72. MARATHI Maharashtra (north-west India)

    73. MENDE Sierra Leone, Liberia

    74. NAYANJA

    75. NEPAL Nepal, India

    76. NORWEGIAN Norway, Denmark

    77. NZEMA 78. ORIYA India (Orissa)

    79. OROMO Ethiopia, Kenya

    80. PASHTU Pakistan, Afghanistan

    81. PERSIAN Iran, Afghanistan

    82. POLISH Poland, Some republics of former USSR.

    83. PORTUGUESE Portugal, Brazil, Angola, Mozambique, Guinea-Bissau

    84. PUNJABI India, Pakistan

    85. ROMANIAN Romania, Voivodina, Greece, Albania, Bulgaria, Moldova

    86. RUSSIAN Russia, Some other former USSR republics, Afghanistan, China

    87. SAMOAN Samoa, USA, New Zealand, Fiji

    88. SARAEKI India, Pakistan

    89. SERBO-CROAT Bosnia, Croatia, Serbia + Montenegro (Latin Script)

    90. SINDHI Pakistan (Sindh), India

    91. SINHALA Sri Lanka

    92. SPANISH Spain, Central + South America, Mexico, U.S.A.

    93. SUNDANESE Indonesia (Western Java)

    94. SURANAN

    95. SWAHILI Mozambique, Kenya, Somalia, Comoros, Tanzania

    96. SWEDISH Sweden, Finland, Estonia, USA, Canada

    97. TAGALOG Phillipines, Luzon, Manila, Mindanao

    98. TAMIL Sri Lanka, India, Malaysia, Far East, E & S Africa

    99. TELUGU India (Andhra Pradesh)

    100. TEMNE Sierra Leone

    101. TONGAN Tonga

    102. TSHILUBA

    103. TURKISH Turkey, Bulgaria, Turkish Cyprus

    104. TUVALU Tuvalu, Nauru

    105. UKRANIAN Ukraine, Poland, Czech, Slovak repulics, Former USSR.

    106. URDU Pakistan, India

    107. VAI Liberia, Sierra Leone

    108. VIETNAMESE Vietnam, Cambodia

    109. WAALE

    110. WELSH Wales (UK)

    111. XHOSA South Africa

    112. YAO Southern China, North Laos, Thailand, Malawi, Mozambique

    113. YIDDISH Israel, Central & Eastern Europe, USA

    114. YORUBA Nigeria, Benin, Togo http://www.alislam.org/library/links/translations.html

    • Kami turut bersyukur apabila pengikut JAI memang benar2 bertambah, karena memang demikianlah yang seharusnya jika kita berusaha maka kita akan berhasil. Namun kita juga tidak perlu risau karena kebenaran bukan diukur dari banyaknya jumlah pengikut, kaum kristen masih jauh lebih banyak dari anggota JAI tetapi apakah kita yakin agama kristen itu benar? tentu tidak.

  30. Di tahun 1995 di kampung Pangkol, Piyungan, Yogyakarta telah masuk sebanyak 54 orang Ahmadiyah Lahore ke dalam Jemaat Ahmadiyah Indonesia.
    Alasannya karena Ahmadiyah Lahore tidak memiliki system kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah, yaitu system Khilafah.
    Selain itu di Yogyakarta beberapa tokoh Ahmadiyah Lahore telah bergabung ke dalam Jemaat Ahmadiyah Indonesia, salah satu diantaranya yaitu Drs. Abdul Rozaq.
    Hingga saat ini sejarah membuktikan tidak ada satu pun anggota Jemaat Ahmadiyah yang bergabung ke dalam Ahmadiyah Lahore. Tapi sebaliknya banyak orang-orang dari Ahmadiyah Lahore malah bergabung ke dalam Jemaat Ahmadiyah.

    • Memang seperti nasehat Imam Zaman, Sukar sekali Jalan Tuhan itu, akan tetapi tidak semua orang dapat melaluinya, hanya orang-orang yang beristiqomah dan berserah diri saja yang dapat menempuhnya. Barangkali ada sesuatu yang tidak beliau dapatkan di GAI dan ternyata ada yang beliau dapatkan di JAI, dan itu tidak masalah karena keykinan seseorang tidak bisa dicampuri oleh orang lain.

  31. memang sekarang sudah masuk abad XV H, para khalifah tiap abad H diangkat oleh Allooh SWT sesuai juga dengan keperluan ummat pada jamannya, misal yang terjadi pada abad XIV H yang ujung-ujungnya diantaranya merdekanya negara – negara yang terjajah sebagai korban sistem yang diciptakan oleh Dajjal ( anti christ ), diprediksi untuk abad XV H adalah ujung – ujungnya hilangnya sistim riba pada sistim keuangan dunia yang terbukti berkali – kali menimbulkan krisis kehidupan terutama dibidang ekonomi dunia, sehingga tidak ada celah lagi untuk ketidak seimbangan sistim keuangan dunia tersebut, kita tunggu dan gali dengan segenap kekuatan yang ada untuk menerapkan azaz manfaat bagi seluruh sistim manajemen terhadap bidang kemanusiaan, hewani, tumbuh – tumbuhan, alam mineral dan alam syaitoni seperti fungsi Rosulullooh SAW sebagai rakhmatan lill’alamiin termasuk sabda beliau ” bahwa syetonku sudah muslim”, selamat berjuang ! billaahittaufiq walhidayah wass war wab

  32. Assalamualaikum wr,wb

    Sorry Mas ga ngomentari topiknya.
    Mas Erwan saya Agus Rambe Anggota GAI Cabang Jakarta sejak th. 1975 saya kehilangan kontak dengan teman2 dan saya rindu dengan tulisan2 yang diterbitkan pada waktu itu dalam bulletin Studi Islam, kalau boleh tahu apakah ada lagi bulletin2 sejenis yang bisa saya peroleh dengan berlangganan.
    Kemudian ada satu pertanyaan saya yang sampai saat ini belum mendapatkan jawabannya ,Siapakan Mujaddin Abad XV ini apakah anda tahu. Terima kasih Wassalam

    • Wa’alaikum salam wr wb.
      Pak Agusrambe Yth, untuk buletin saat ini belum bisa kami terbitkan lagi pak, sementara melalui webblog begini. Untuk pertanyaannya nanti bisa kita diskusikan bersama-sama di markas ya pak. Kami tunggu kehadirannya di Jl. Kesehatan IX no 12, Jakarta. Telp (021) 3844111, untuk informasi pertemuan, dll. terimakasih, salam buat keluarga.
      Wassalam wr wb.

  33. Assalamualaikum wrwb.

    Mas terimakasih tulisan2nya sudah saya terima.
    untuk berkunjung menjumpai teman2 sementara ini belum bisa mas maklum domisili saya saat ini jauh diluar jawa di Medan di Jl. Karya Jaya Gg Karya Sejati No.1 tel. 061 7879328 , insyaallah kalau saya ke jkt akan mampir kangen ketemu dengan Mas Bambang Dharma Putera, Mas Basuki n Mas Hartono dan yang lainnya.
    Oh ia mas kalau buku2 yang diterbitkan di wordpress itu bisa dicetak, karena kalau dibaca dari komputer agak lama mata saya gak tahan (pedih) mungkin yang lainnya juga sama.

    Terima kasih Salam untu teman2 dan keluarga

    Wasslam wrwb

Tinggalkan Balasan ke Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi. Batalkan balasan